Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Wednesday, January 7, 2015

Cara membuat donat sederhana yang enak, empuk dan mudah



Resep cara membuat donat sederhana yang enak dan empuk. Donat (doughnuts atau donut) adalah salah satu kue yang digoreng dan terbuat  dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Umumnya donat mempunyai 2 macam bentuk, yaitu donat berbentuk cincin dengan lubang ditengahnya yang diatasnya biasanya ditaburi gula halus atau meisis dan donat yang berbentuk bundar dengan isi rasa manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan lain sebagainya. Untuk tahu lebih jelasnya mengenai donat beserta asal-usulnya, klik link artikel berikut ini “Kue donat beserta sejarah asal-usulnya”.
Donat telah menjadi salah satu kue yang sangat dipopuler dan digemari oleh semua orang karena bentuknya yang unik, memiliki tekstur yang empuk, serta memiliki rasa yang enak dan lezat. Pada artikel kali ini akan diberikan resep bagaimana cara membuat kue donat secara sederhan dan mudah.
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/01/cara-membuat-donat-sederhana.html

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue donat sederhana yang enak:
  • Air 200 cc 
  • Tepung terigu ½ kg 
  • ½ bungkus Ragi instan 11 gram
  • Gula pasir 4 sendok makan 
  • Susu bubuk/ susu kental 3 sendok makan 
  • Mentega 3 sendok makan 
  • Garam 2 sendok teh 
  • Telur 2 butir
Cara membuat donat sederhana dan mudah: 
  1. Pertama-tama, kocok 2 telur dengan menggunakan sendok. Lalu, tambahkan gula pasir, garam, susu, mentega, dan tepung terigu. Kemudian aduk hingga merata sempurna. 
  2. Selanjutnya, larutkan ragi dalam air. Lalu masukkan ke dalam adonan. Aduk-aduk atau uleni adonan tersebut hingga kalis. Kemudian diamkan adonan tersebut dalam wadah tertutup sampai adonan mengembang, kira-kira 20 menit. 
  3. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil dengan cara ambil 1 sendok makan adonan, lalu bulatkan. Kemudian simpan ke dalam wadah. Agar adonan tidak lengket menempel, taburi wadah dengan tepung terigu terlebih dulu. Lalu tunggu selama 20 menit hingga bulatan donat tersebut mengembang. 
  4. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng, lubangi tengah adonan donat yang telah dibulatkan tadi. kemudian goreng donat dengan api kecil. Goreng donat hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Bila sudah, angkat dan tiriskan. Lalu diamkan donat agar dingin. 
  5. Langkah selanjutnya, beri atau taburi donat dengan gula halus. 
  6. Donat sudah bisa untuk dihidangkan.
Demikianlah resep atau cara membuat donat sederhana yang enak dan empuk. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin membuat donat sendiri dirumah. Baca juga “cara membuat donat kentang” dan “resep cara membuat bakso”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membuat donat sederhana yang enak, empuk dan mudah

0 comments:

Post a Comment