Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Friday, April 1, 2016

Cara membuat kue rengginang ketan terasi yang enak dan renyah

Cara membuat kue rengginang ketan terasi yang enak dan renyah. Kue rengginang adalah salah satu makanan tradisional khas indonesia. Kue rengginang atau yang lebih dikenal dengan sebutan kerupuk rengginang pada umumnya dibuat dari bahan beras ketan yang direbus dan dengan bumbu dengan rasa kesukaan misalnya rengginang manis yang diberi campuran gula, atau rengginang asin gurih dari campuran terasi. Pada kesempatan kali ini akan kami share bagaimana resep cara membuat kerupuk rengginang ketan terasi yang enak, gurih, dan renyah.
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2016/04/cara-membuat-kue-rengginang-ketan.html

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Beras ketan 800 gram 
  • Bawang putih 5 siung, haluskan 
  • Terasi 1 sendok teh 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Air mendidih 300 ml
Cara membuat rengginang yang enak, renyah, dan gurih:
  1. Pertama-tama rendam beras ketan dalam air bersih selama 3 jam. Kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu masukkan ketan yang sudah direndam ke dalam dandang untuk dikukus selama 30 menit atau hingga setengah matang.   
  3. Larutkan garam, bawang putih, dan terasi ke dalam air mendidih. Aduk-aduk hingga terlarut atau tercampur rata. Kemudian masukkan ketan kedalam campuran bumbu tersebut, lalu masak hingga air habis meresap ke dalam ketan. 
  4. Langkah selanjutnya, masukkan ketan tersebut ke dalam dandang untuk di masak kembali hingga matang atau kurang lebih selama 25 menit.  
  5. Lalu angkat dan keluarkan ketan yang sudah matang tersebut. Selagi ketan masih panas, cetak ketan tersebut tipis-tipis menggunakan cetakan bundar dengan diameter 4 cm. 
  6. Kemudian keringkan ketan atau rengginang hingga benar-benar kering di bawah panas terik matahari. 
  7. Apabila rengginang sudah benar-benar kering, panaskan minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng, lalu goreng rengginang hingga mekar, gurih, dan renyah. Angkat dan tiriskan minyaknya. 
  8. Kue atau kerupuk rengginang yang enak, renyah, dan gurih sudah siap untuk dinikmati atau disimpan di dalam toples.
Itulah resep cara membuat kue rengginang ketan terasi yang enak dan renyah dari kami. Semoga bisa bermanfaat, baca juga “cara membuat keripik pisang coklat manis yang enak” dan “resep bikin sendiri keripik jamur tiram crispy renyah”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membuat kue rengginang ketan terasi yang enak dan renyah

0 comments:

Post a Comment