Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Wednesday, July 1, 2015

Cara mudah membuat kerupuk udang yang renyah, enak dan gurih

Cara mudah membuat kerupuk udang yang renyah, enak dan gurih. Kerupuk udang merupakan salah satu jenis kerupuk yang paling populer dan paling banyak disukai oleh masyarakat kita. Kerupuk udang memiliki rasa yang sangat cocok untuk dimakan sebagai lauk pelengkap saat makan nasi, terutama saat makan masakan nasi rawon. Makan nasi rawon tanpa kerupuk udang rasanya ada yang kurang lengkap. Selain gurih dan renyah, rasa enak khas udang pada kerupuk ini akan sangat cocok dan terasa lezat di lidah.
Bagi anda yang ingin membuat kerupuk udang yang renyah dan lezat ini, kami akan berikan resep dan cara membuatnya untuk anda, dengan begitu anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah anda. Berikut resep dan cara membuatnya:
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/07/cara-membuat-kerupuk-udang.html
Bahan-bahan untuk membuat kerupuk udang:
  • Tepung tapioka 2 ½ kg 
  • Tepung terigu 2 ½ kg
  • Udang yang sudah dibersihkan kulitnya 1 kg
  • Garam 2 ons
  • Air 10 liter
  • Bawang putih ½  ons
  • Moto/ vetsin ½ ons
  • Bleng ½ ons
Cara mudah membuat kerupuk udang:
  1. Pertama-tama, tumbuk halus udang, bawang putih,  serta garam hingga menjadi satu dan merata. 
  2. Kemudian tambahkan vetsin dan bleng pada campuran adonan bahan diatas, lalu tuangkan 10 liter air sambil diaduk-aduk hingga benar-benar larut dan tercampur rata.
  3. Campurkan adonan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam adonan sebelumnya, sambil diaduk-aduk atau diremas-remas menggunakan tangan sehingga adonan tidak ada yang menggumpal dan bisa tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam plastik dengan ukuran ¼ kg kemudian ikan dengan menggunakan karet.
  5. Kemudian rebus menggunakan air mendidih hingga matang atau kurang lebih selama 1 ½ jam.
  6. Setelah matang, angkat dan kupas plastiknya, kemudian biarkan hingga dingin atau sekitar setengah hari.
  7. Setelah dingin, rajang atau iris-iris tipis, agar hasilnya bagus kalau punya bisa menggunakan mesin perajang.
  8. Setelah itu jemur irisan-irisan kerupuk  tersebut di bawah terik sinar matahari langsung hingga benar-benar kering, biasanya hingga memerlukan waktu 2-3 hari.
  9. Apabila sudah benar-benar kering kerupuk udang sudah siap digoreng. Panaskan minyak goreng, dan goreng kerupuk udang tersebut hingga mekar dan matang.
  10. Bila sudah matang angkat dan tiriskan minyaknya. Dan kerupuk udang yang renyah, enak dan gurih sudah siap dinikmati.
Bagaimana, sangat mudah dan sederhana bukan? Demikianlah cara membuat kerupuk udang yang renyah, enak dan gurih. Semoga bermanfaat, baca juga “kerupuk kentang” dan "cara membuat keripik gadung".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara mudah membuat kerupuk udang yang renyah, enak dan gurih

1 comments: