Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Monday, February 16, 2015

Resep dan cara membuat roti goreng isi coklat yang manis, empuk dan gurih



Cara membuat roti goreng yang manis, empuk, dan gurih. Roti goreng merupakan salah satu jajanan/ kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping juga roti atau kue donat. Mengikuti perkembangan zaman, roti goreng saat ini pun mempunyai banyak inovasi-inovasi sehingga sekarang ini banyak sekali roti goreng dengan berbagai varian rasa, sepeti roti goreng isi pisang, roti goreng isi coklat, roti goreng isi daging, roti goreng isi sayuran dan lain sebagainya. Sama halnya dengan jenis-jenis roti lainnya, roti goreng juga sangat cocok untuk dijadikan  menu sarapan pagi. Selain itu, anda juga bisa membuat nasi goreng untuk dijadikan bekal jajanan sehat untuk anak-anak anda. kebanyakan anak-anak kecil pasti sangat menyukai coklat. Dengan begitu anda bisa membuatkan roti goreng isi coklat agar anak-anak anda senang atau suka dengan bekal yang anda bawakan. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara membuat roti goreng isi coklat, berikut ini resep cara membuat roti goreng isi coklat yang manis, empuk, dan gurih.
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/02/cara-membuat-roti-goreng-isi-coklat.html

Bahan-bahan 1 : 
  • Tepung terigu 6 ons 
  • Ragi instant 2 sendok teh 
  • Baking powder 1 sendok teh 
  • Gula 60 gram
Bahan-bahan 2: 
  • Telur 1 butir 
  • Susu cair ¼ liter, dinginkan di lemari es 
  • Margarin secukupnya 
  • Garam 2 sendok teh
Bahan isi roti goreng: 
  • Susu cair 100 mililiter 
  • Coklat masak pekat/ coklat batangan 3 ons
Cara membuat roti goreng isi coklat yang manis, enak, empuk, gurih, dan lezat: 
  1. Pertama-tama, kita buat untuk isi rotinya. Yaitu dengan iris atau parut coklat sehingga menjadi kecil-kecil. Setelah itu campur coklat dengan susu, kemudian didihkan campuran coklat dan susu tersebut hingga coklat melarut. Bila sudah larut dengan sempurna, angkat dan dinginkan. 
  2. Langkah yang kedua kita buat adonan roti gorengnya. Campurkan semua bahan-bahan 1. Lalu aduk-aduk dengan alat ataupun secara manual dengan tangan hingga adonan menjadi tercampur merata. 
  3. Setelah itu, campurkan semua bahan-bahan 2, yaitu telur dan susu. Aduk hingga telur menyatu sempurna dengan susu. 
  4. Lalu tuangkan campuran telur dan susu tersebut kedalam adonan yang pertama tadi. Aduk-aduk agar tercampur merata. Kemudian tambahkan garam dan margarin. Aduk-aduk kembali atau uleni adonan hingga kalis. Adonan yang kalis adalah adonan yang kalau ditarik tidak mudah putus. 
  5. Langkah selanjutnya adalah membentuk adonan menjadi bulat atau bundar seperti bola. Lalu  taruh di wadah dan ditutup dengan kain. Kemudian biarkan kira-kira sekitar ½ jam. 
  6. Setelah itu bentuk adonan. Agar roti pada nantinya memiliki ukuran yang sama. Bulatkan semua adonan menjadi bulatan kecil-kecil 30 gram. Beri lubang pada bulatan adonan tersebut, masukkan isi coklatnya, lalu tutup kembali. Lakukan langkah-langkah seperti ini pada bulatan-bulatan adonan roti lainnya. 
  7. Setelah itu tempatkan adonan roti yang sudah diisi coklat tadi di wadah yang datar. Sebelumnya taburi dulu wadah dengan tepung terigu agar adonan roti tadi tidak lengket saat mau diambil. Beri jarak antara roti satu dengan roti lainnya. Biarkan selama 30 menit agar roti bisa mengembang. 
  8. Siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng. Gunakan minyak goreng yang banyak agar roti bisa mengembang sempurna saat digoreng. Bila minyak goreng sudah panas, goreng roti hingga berwarna kuning kecoklatan.
Itulah resep cara membuat roti goreng isi coklat yang manis, enak, empuk, gurih, dan lezat. Semoga bisa bermanfaat, baca juga resep roti goreng lainnya “cara mudah sederhana membuat roti goreng isi daging” dan “cara membuat roti goreng wijen”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan cara membuat roti goreng isi coklat yang manis, empuk dan gurih

0 comments:

Post a Comment