Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Friday, May 13, 2016

Tips cara mengolah babat agar lebih cepat empuk

Tips cara mengolah babat agar lebih cepat empuk. Babat saat masih mentah memang bau dan berwarna hitam sehingga terlihat menjijikkan, namun ketika diolah menjadi masakan, babat juga terasa enak dan banyak yang menyukainya karena kekenyalan teksturnya. Bagi yang belum pernah memasak atau mengolah babat, hasilnya mungkin akan alot. Oleh karena itu bagi anda pecinta masakan babat harus tahu bagaimana cara mengolah babat mulai dari membersihkannya hingga cara memasaknya agar cepat empuk.
Sebelum mengolah babat menjadi masakan, babat harus diolah terlebih dulu agar empuk. Setelah babat empuk, baru babat bisa anda olah atau masak menjadi berbagai masakan yang anda suka. Namun sebelum kita mengolah babat agar empuk terlebih dulu kita harus bersihkan babat tersebut. Cara membersihkan babat adalah dengan merendam babat kedalam air kapur kurang lebih sekitar 40 menit. Kemudian bersihkan dan cuci babat menggunakan tangan sambil dikerok-kerok dengan sendok. Buang lapisan dalam yang berada di dalam babat. Setelah babat sudah dikerik dan dicuci bersih. Rendam babat selama beberapa menit dalam air jeruk nipis, kemudian cuci hingga bersih. Nah sebelum dimasak, babat harus diolah terlebih dulu agar lebih empuk. Lalu bagaimana cara agar babat bisa empuk, berikut ini ada beberapa tips atau cara yang bisa anda pilih untuk mengempukkan babat.
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2016/05/tips-mengolah-babat-agar-empuk.html


  • Masak menggunakan panci presto
Agar babat bisa empuk, babat harus direbus menggunakan panci bertekanan (presto) selama ½ jam.
  • Menggunakan segenggam beras
Pertama-tama rebus babat, kemudian masukkan segenggam beras yang sudah dicuci bersih. Rebus babat hingga empuk, lalu angkat dan cuci kembali babat hingga bersih. Babat sudah siap diolah menjadi masakan.
  • Rebus babat dengan rempah-rempah
Rebus babat menggunakan api sedang dengan rempah-rempah seperti lengkuas, serai, jahe, daun jeruk, dan daun salam hingga babat empuk. Selain dapat membuat babat empuk cara ini juga bisa menghilangkan bau tajam yang masih tersisa dari babat.
  • Lumuri babat dengan nanas
Kupas kulit nanas, kemudian haluskan bisa dengan cara diparut atau diblender. Ambil babat yang sudah dibersihkan. Lalu lumuri babat dengan daging nanas yang halus, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan babat kembali, dan rebus dengan campuran rempah-rempah.
  • Dengan cara dikukus diatas rempah-rempah
Agar lebih empuk, selain dengan cara direbus ternyata babat juga bisa empuk dengan dikukus. Caranya rebus bawang putih, jahe, cabe, saus tiram, dan wortel di bagian bawah pengukus. Setelah mendidih, kukus babat dengan cara meletakkannya dibagian atas pengukus. Kukus babat menggunakan api sedang kurang lebih sekita 1 jam atau hingga babat empuk.
 
Setelah babat sudah empuk, dalam memasak babat tidak lagi memerlukan proses yang lama. Anda bisa memasak babat menjadi masakan favorit anda atau menjadikan babat sebagai pelengkap masakan lain, seperti nasi goreng babat, soto babat, dan lain sebagainya. 

*peringatan: Buang air yang digunakan untuk merebus babat. jangan gunakan air rebusan babat tersebut sebagai kuah atau kaldu masakan karena baunya yang sangat tajam.
 
Semoga tips dalam mengolah babat agar lebih empuk ini bisa bermanfaat untuk anda. Baca juga “resep cara membuat ayam lodho pedas tulungagung yang lezat” dan "resep memasak ceker setan yang pedas dan lezat".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips cara mengolah babat agar lebih cepat empuk

0 comments:

Post a Comment