Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Friday, June 5, 2015

Cara memanfaatkan kulit pisang sebagai camilan keripik yang enak dan gurih

Cara memanfaatkan kulit pisang sebagai camilan keripik yang enak dan gurih. Jika pada artikel sebelumnya telah kami share bagaimana membuat keripik pisang dari buahnya. Pada artikel kali ini akan kami share bagaimana membuat keripik dari kulit pisang itu sendiri. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau kulit pisang juga bisa dijadikan keripik yang enak, renyah, dan gurih. Tidak hanya itu, apakah kalian tahu kalau kulit pisang juga memiliki kandungan gizi atau vitamin yang tidak kalah dibanding dengan buahnya. Selain mengandung vitamin C, B, kalsium, protein serta karbohidrat, kulit pisang juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kulit pisang juga mengandung banyak vitamin B6 dan serotonin yang bermanfaat untuk menyeimbangkan mood, mengurangi depresi, dan menjaga kesehatan retina mata.
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/cara-memanfaatkan-kulit-pisang.html

Baiklah langsung saja, bagi anda yang mencari informasi mengenai cara mengelola kulit pisang menjadi camilan keripik, berikut ini kami berikan resep dan cara membuat keripik dari kulit pisang yang enak, renyah, dan gurih:
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Kulit pisang 
  • Tepung
  • Garam
  • Gula 
  • Air kapur sirih
Cara mengelola kulit pisang menjadi keripik yang enak, gurih, dan renyah:
  1. Pertama-tama, cuci dan bersihkan kulit pisang yang telah anda siapkan. 
  2. Kemudian rendam kulit pisang tersebut ke dalam air larutan kapur sirih, kurang lebih selama 30 menit. Perendaman ini bertujuan untuk menghilangkan noda hitam dan getahnya. Bila sudah angkat dan basuh dengan air bersih.
  3. Setelah itu larutkan 1 sendok teh garam pada 1 liter air. Lalu rendam kembali kulit pisang tersebut kurang lebih 30 menit ke dalam air larutan garam.
  4. Kemudian buat larutan gula. Caranya larutkan 3 sendok makan gula pada dengan air 1 liter. Kemudian rendam kembali kulit pisang ke dalam air larutan gula tersebut selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah itu angkat dan tiriskan. Jemur kulit pisang tersebut di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.
  6. Bila sudah kering, kulit pisang sudah siap untuk di goreng.
  7. Apabila anda menginginkan kulit pisang digoreng dengan rabut atau lapisan tepung agar lebih gurih dan renyah. Anda bisa membuat adonan tepungnya kemudian masukkan kulit pisang kedalam adonan tepung tersebut.
  8. Kemudian panaskan minyak goreng pada wajan, lalu goreng kulit pisang tersebut hingga benar-benar kering dan matang. Kemudian angkat dan tiriskan minyaknya.
  9. Keripik kulit pisang yang enak, gurih, dan renyah sudah siap untuk dinikmati atau dihidangkan sebagai camilan untuk teman atau keluarga tercinta.
Demikianlah cara memanfaatkan kulit pisang sebagai camilan keripik yang enak dan gurih. Semoga bermanfaat, baca juga “cara memasak sarden instan kemasan kaleng” dan "cara membuat keripik kentang".

Sumber: tips dan cara membuat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara memanfaatkan kulit pisang sebagai camilan keripik yang enak dan gurih

0 comments:

Post a Comment