Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Thursday, January 14, 2016

Resep Sederhana Cara Memasak Pepes Cumi Spesial Bumbu Rujak

Resep Sederhana Cara Memasak Pepes Cumi Spesial Bumbu Rujak - Hewan laut berupa cumi ternyata bisa dimanfaatkan untuk makanan dengan cita rasa yang tinggi. Berbagai cara untuk mengolah cumi-cumi dapat dilakukan dengan membuat pepes cumi bumbu rujak. Resep masakan ini memang sudah menjadi satu makanan favorit yang kian hari banyak diminati. Untuk memasak cumi pepes bumbu rujan diperlukan beberapa bahan dan langkah agar nantinya masakan memiliki rasa yang lezat. Memang dalam mengolah bahan mentah menjadi satu sajian masakan bisa dilakukan dengan menambah kreasi Anda di dalamnya. Maka dari itu artikel ini bermaksud untuk menjelaskan tentang Resep Sederhana Cara Memasak Pepes Cumi Spesial Bumbu Rujak. Lalu apa saja resep untuk membuat pepes cumi bumbu rujak? 
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2016/01/resep-pepes-cumi-bumbu-rujak.html

Berikut ini Resep Sederhana Cara Memasak Pepes Cumi Spesial Bumbu Rujak:
Menyiapkan Bahan
Memasak cumi pepes bumbu rujak diperlukan beberapa bahan yang terdiri dari cumu bersih seberat 500 gram. Sebaiknya bentuk cumi dipotong menyerupai cincin. Bahan selanjutnya adalah 1 telur ayam, lalu daun kemangi, daun bawang secukupnya, daun salam sebanyak 5 lembar, daun jeruk 10 lembar, minyak goreng sebanyak 3 sendok teh, asam jawa, dan daun pisang sebgai pembungkusnya. 

Membuat Bumbunya
Beberapa bahan tadi belum cukup dan harus dilengkapi dengan beberapa bumbu dapur seperti cabai merah sebanyak 10 buah, bawang merah sebanyak 5 siung, bawang putih sebanyak 4 siung, garam sebanyak ½ sendok teh, gula pasir sebanyak 2 sendok teh, dan kaldu bubuk sebanyak ¼ sendok teh.
 
Membuat Pepes Cumi
Pertama Anda harus mencuci bersih cumi, lalu bumbu yang sudah dihaluskan ditumis sampai matang, kemudian masukkan air asam jawa dan cumi. Setelah itu masukkan telor ke dalam tumisan cumi, dan tidak lupa untuk mencampurkan daun kemangi dan daun bawang. Aduk hingga semua bumbu merata dan meresap. Ambil daun pisang satu lembar kemudian ditambah dengan daun salam dan jeruk. Letakkan adonan cumi secukupnya dan tusuk menggunakan lidi pada ujung daunnya. Setelah tertutup rapat kukuslah selama kurang lebih 20 menit. Setelah selesai angkat dan sajikan selagi panas. Baca juga "cara membuat botok udang rebon yang paling enak dan lezat" dan "resep peupeucak ikan mas bakar yang lezat".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sederhana Cara Memasak Pepes Cumi Spesial Bumbu Rujak

0 comments:

Post a Comment