Berbagi segala tips atau cara membuat beserta prosesnya

Thursday, January 7, 2016

Resep Cara Mudah Membuat Bumbu Pecel Lele Spesial Khas Lamongan

Resep Cara Mudah Membuat Bumbu Pecel Lele Spesial Khas Lamongan – Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan suku yang tersebar hingga ke pelosok negeri. Selain memiliki budaya yang banyak ternyata kuliner juga beragam di setiap daerah. Kali ini artikel akan membahas tentang bagaimana cara membuat bumbu pecel lele spesial ala Lamongan yang tentu siap menggoyang lidah Anda. 
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2016/01/resep-bumbu-pecel-lele-lamongan.html

Resep Cara Mudah Membuat Bumbu Pecel Lele Spesial Khas Lamongan saat ini mudah dicari di beberapa sumber seperti majalah dan website internet, bagi masyarakat Jawa Timur khususnya Lamongan menu masakan satu ini sudah menjadi andalan dalam tiap perayaan atau acara keluarga. Orang Jawa Timur sering menyebut pecel lele dengan pecak lele. Lalu bagaimana cara membuat bumbu pecel lele spesial khas Lamongan?
Berikut ini Resep Cara Mudah Membuat Bumbu Pecel Lele Spesial Khas Lamongan yang bisa Anda gunakan:
Resep 1
Persiapkan bahan atau bumbu dasarnya yang terdiri dari 1 sendok the ketumbar, garam, 3 siung bawang putih, 1 sendok makan air jeruk nipis dan 2 cm kunyit. Air jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan rasa amis pada lele dan sekaligus menyedapkan aroma bumbu. Semua bahan dasar tadi kemudian di haluskan menggunakan blender hingga benar-benar halus. Setelah terlihat halus tambahkan air kurang lebih 100ml.
Resep 2
Setelah selesai membuat bumbu dasarnya, langkah berikutnya adalah membuat bumbu sambal pecelnya, beberapa bahan yang harus Anda siapkan terdiri dari: 10 buah cabai rawit,5 buah cabai merah besar, 1 buah tomat merah, 2 siung bawang merah, 6 buah cabe keriting, 1 sdt garam, 2 sdt gula pasir, 3 terasi udang, perasan jeruk limau, dan vetsin. Untuk membuat sambal pecel Anda bisa merebus tomat, cabai,dan bawang merah sampai benar-benar matang, lalu haluskan dan tambahkan gula dan garam. Untuk menyajikannya Anda membutuhkan bahan pelengkap seperti tahu goreng, daun kemangi, mentimun, dan kembang kol.

Resep 3
Rendam ikan lele yang sudah dibersihkan ke dalam berisi bumbu dasar tadi dan tunggu sampai bumbunya benar-benar meresap. Setelah dirasa cukup, segera goreng lele hingga matang lalu angkat letakkan ke dalam piring dan siap disantap bersama sambal pecelnya.

Mudah bukan, memang tidak sulit dan dijamin rasa di pecel lele khas Lamongan ini sangat enak, selamat mencoba. Semoga bermanfaat, baca juga "resep sambal tempe penyet yang enak, pedas dan gurih" dan "cara membuat pepes jamur tiram yang paling enak".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Mudah Membuat Bumbu Pecel Lele Spesial Khas Lamongan

0 comments:

Post a Comment